Selasa, 10 Desember 2013

penyakit panu

Posted by Penyakit Panu
Panu secara kasat mata akan tampak berupa bercak berwarna, bervariasi dari putih sampai cokelat kehitaman, dengan batas yang tergolong cukup bila dibandingkan dengan kulit disekitarnya. Bila dikerok akan tampak serpihan-serpihan keputihan diatas kulit yang menderita panu. Penyakit ini biasanya menderita diderita oleh orang yang kurang menjaga kebersihan kulitnya. Pengobatan penyakit panu alami dapat dilakukan dengan rimpang lengkuas 1 jari, bawang putih 1 umbi, dan jeruk nipis 1 buah.  Cara pembuatannya adalah lengkuas dan bawang putih ditumbuk halus dan dicampur air jeruk nipis. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena panu secara teratur.
Pengobatan penyakit panu alami yang lain adalah dengan lengkuas. Lengkuas dapat mengobati perut kembung dan sebah. Lengkuas juga dapat mengobati panu, kurap, eksim, bercak-berak kulit, dan tahi lalat (sproeten). Lengkuas adalah obat ampuh untuk meredakan demam, pembengkakan limpa, pemulihan rahim pasca bersalin, radang telinga, bronkitis, dan diare. Lengkuas juga dapat dimanfaatkan sebagia pembunuh jamur kulit, obat masuk angin, gig ngilu, dan obat kuat.
http://penyakitpanu.com/wp-content/uploads/2013/03/images2.jpg
Ini adalah bahan yang sangat efektif untuk pengobatan penyakit panu alami. Minyak daun teh memiliki sifat anti jamur dan mampu menghilangkan kelebihan minyak di permukaan kulit. Cara pemakaiannya sama dengan cuka. Oleskan bahan pada kapas atau kain, kemudian usapkan pada bagian yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa saat lalu hapus dengan air atau alkohol. Selain hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pencegahan penyakit panu adalah :
1.       Mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan sehingga bisa menimbulkan system kekebalan tubuh. Semakin tinggi system imun di dalam tubuh  maka semakin cepat proses penyembuhan penyakit panu.
2.      Mengonsumsi sayuran setiap hari. Karena sayur juga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh namun jika dikonsumsi secara teratur.
3.      Madu berkjasiat melancarkan peredaran darah. Apapun bentuk madu tersebut, madu asli atau madu yang sudah diproses, bahan makanan ini bisa memberikan efek positif dan efek yang baik pada pengobatan penyakit kulit panu.
4.      Cengkeh mempunyai kemampuan alami untuk melawan infeksi jamur. Anda bisa memakainya untuk pengobatan luar maupun pengobatan dalam. Mengunyah cengkeh secara rutin dapat membantu mencegah infeksi jamur yang menempel pada tubuh.
Kunyit merupakan tanaman semak yang tingginya dapat mencapai 70 cm. Batangnya semu, tegak, bulat, membentuk rimpang, dan berwarna kekuningan. Rimpang kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, minuman, bahkan berkhasiat obat. Kandungan kimia pada kunyit mengandung minyak atsiri (felandren, turmeron, zingiberen), kurkumin, dammar, gom, lemak, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Khasiat dari kunyit sendiri adalah sebagai obat radang rahim, pembersih darah, radang amandel, gabag, obat panu, keputihan, menghentikan pendarahan, antikejang.

Posted by Penyakit Panu
Dermatomikosis didaerah tropic yang banyak ditemukan adalah penyakit panu, terutama pada orang yang banyak berkeringat dan jarang mandi. Penyebab dari penyakit panu ini adalah fungi Malassezia furfur. Panu dapat berwarna kehitaman (hyperpigmented), tetapi dapat juga berwarna pucat (hypopigmented). Dalam dunia medis penyakit panu biasa disebut dengan Ptyriasis Versicolo, penyakit ini biasanya kumat-kumatan dan jarang menimbulkan keluhan. Namun keluhan yang biasa terjadi adalah bercak-bercak putih yang makin melebar jika tidak diobati segera dan didiamkan berlama-lama. Penyebab dari penyakit ini biasanya adalah orang yang melakukan banyak aktivitas dan mengeluarkan keringat yang banyak. Entah itu anak kecil orang muda maupun orang dewasa. Cara mengobtati penyakit panu alami adalah dengan penggunaan lengkuas.  Cara mengobati panu alami dengan lengkuas adalah dengan ambilah 1/8 rimpang lengkuas, giling halus, lalu tambahkan minyak kelapa dan oleskan pada kulit yang terserang panu.
http://penyakitpanu.com/wp-content/uploads/2013/03/images1.jpg
Definisi medisnya adalah infeksi jamur superfisial yang ditandai dengan adanya makula  di kulit, skuama halus, disertai rasa gatal. Infeksi jamur superfisialis yang kronis dan asimtomatis   disebabkan oleh Malassezia furfur menyerang stratum korneum dari epidermis. Biasanya area yang sering terserang penyakit panu ini adalah bahu, punggung dan dada. Pada keadaan lainnya infeksi juga bisa saja terjadi di lipatan-lipatan kulit seperti lipatan lengan, kulit dibawah payudara atau bisa juga di lipat paha. Wajah yang biasanya terkena, terkecuali pada beberapa anak. Kadang jumlah tempat yang terserang penyakit panu ini sangat sedikit, sehingga tampak kentara, dan di sisi lain tempat yang terlihat cukup luas, dan memberikan gambaran jika itu adalah kulit normal, seentara kulit normal sendiri akan tampak sebagai yang bermasalah. Cara mengobati penyakit panu alami lainnya adalah dengan bunga matahari. Bunga matahari dapat digunakan sebagai obat panu yang menyerang kulit. Gosokkan bungan ini pada bagian kulit yang terkena panu, hingga bunga tersebut sampai berwarna kehitaman. Lakukanlah setelah mandi.
Ada banyak jenis obat-obatan antijamur yang tersedia di pasaran, seperti krim atau salep yang dioleskan di permukaan kulit. Obat yang bisa dibeli dengan bebas di apotek, termasukclotrimazole dan miconazole. Dioleskan dua kali sehari selama 10-14 hari, namun karena sering kali dipasarkan dalam kemasan kecil, sehingga lebih merepotkan jika infeksinya berupa area yang luas.
Mengobati penyakit panu alami adalah dengan ambil biji atau buah daun jinten secukupnya, cuci bersih, lalu giling halus, dan tempelkan pada bagian yang terkena panu.Atau dengan cara ambillah 1 lembar daun brojo lintang, haluskan, kemudian bubuhkan pada bagian yang terkena penyakit panu. 
Posted by Penyakit Panu
Infeksi permukaan pada kulit ini disebut penyakit panu, ini banyak terjadi di Indonesia dan daerah tropic lain. Infeksinya berupa bercak-bercak putih dan kecoklatan merah di tengkuk, dada, punggung dan lengan. Terutama hipopigmentasi di muka merupakan suatu masalah kosmetik. Penyebabnya adalah malassezia furfur, suatu jamur nyang berdiri dari kelompok sel dengan hyphen pendek diatas kulit. Pengobatan dapat dilakikan dengan mengoleskan bercak-bercak dengan larutan salisilat 5-10% dalam spiritus dil, atau krim mikronazol/ketokonazol selama 2-3 minggu atau terbinafn. Untuk kasus-kasus yang resisten dapat digunakan intrakonazol 2 dd 100 mg selama 1 minggu. Walaupun terapi berhasil, tetapi repigmentasi baru timbul setelah beberapa bulan.
Kulit wajah yang dihinggapi virus, misalnya timbulnya bintil halus dikulit. Dan juga bisa dihinggapi oleh jamur kulit, yang sering timbul adalah penyakit panu (tine versicolor).Penularan penyakit panu ini sendiri terjadi sehabis tidur dibantal bekas pengidap panu diwajah misalnya. Jika panu diwajah tidak segera diobati, panu bisa akan terus melebar, dan biasanya akan sukar menghilang. Bercak panu, selain merusak pemandangan pada wajah, terkesan penyakit yang membuat turunnya kepercayaan diri seseorang. Komentar orang-orang yang sering keluar adalah “cakep-cakep panuan”.
http://penyakitpanu.com/wp-content/uploads/2013/03/images.jpg
Masalah pengobatan penyakit panu ini dapat dilakukan dengan cara :
1.       Buatlah salep dengan belerang dan minyak (1 bagian belerang dengan 10 bagian minyak) dan oleskan pada salep tersebut pada bercak panu setiap hari sampai bercak itu lenyap.
2.      Natrium thiosulfat bahkan lebih manjur. Obat ini adalah hypo yang digunakan oleh juru potret ketika mencuci film. Larutkan 1 sendok makan natrium thiosulfat di dalam segelas air, oleskan larutan ini pada kulit, dan kemudian gosoklah kulit tersebut dengan sepotong kapas yang telah dicelupkan ke dalam larutan cuka.
3.      Untuk mencegah kambuhnya penyakit panu atau bercak-bercak tersebut, pengobatan ini harus diulang setiap 2 minggu.
Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit panu adalah lengkuas, sambiloto, kunyit, asam jawa, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan bawang putih untuk mengatasi panu, berikut ini cara menggunakannya.
§  Sediakan bawang putih yang cukup besar, lalu potonglah bawang putih tersebut menjadi dua bagian.
§  Selanjutnya silahkan gosokan belahan bawang putih tersebut ke kulit yang ada panunya.
§  Gosok agak keras sampai kulit agak mengelupas. Jika berhasil akan kering dan si panu pun akan menghilang.
§  Lakukan secara teratur dua kali sehari.
caranya, ambillah satu buah jeruk nipis serta belerang, lantas potong jadi 2 atau empat sisi lantas celepkan pada belerang yang telah disiapkan, berikan tiap-tiap habis mandi hingga panu pulih.Cara Mencegah Panu “Lebih baik mencegah dari pada mengobati” kalimat yang sering kita dengar meski terkadang sulit diterapkan. Mencegah timbulnya panu jika selama ini belum pernah menggunakan sabun yang mengandung antiseptik, sesekali tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan kemungkinan timbulnya jamur penyebab panu pada tubuh, apalagi jika anda merasakan adanya gejala seperti rasa gatal pada saat berkeringat.
Posted by Penyakit Panu
Penyakit panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala dan tanda adanya panu yaitu timbulnya bercak yang terdapat pada kulit disertai dengan rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak tersebut ada yang berwarna putih, coklat maupun merah, tergantung dari warna kulit penderita. Panu biasanya menyerang semua bagian kulit. Pada umumnya, panu bisa menular dari satu orang ke orang lain dan biasanya ditemukan pada kulit kepala, kuku, lipatan lengan, leher, wajah dan kaki
Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya panu :
- Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
- Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
- Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
- Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.
Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Panu
Tanda dan gejala dari penyakit panu biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, lalu di tutupi oleh sisik halus dengan rasa gatal. Terkadang timbul tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Warna-warna ruam kulit pada penyakit panu ini tergantung dari pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Tinea versicolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.
Pencegahan Penyakit Panu
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit panu, diantaranya :
- Jaga kesehatan anggota tubuh
- Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk
- Setelah habis setiap olah raga ada baiknya langsung mandi yangg bersih menggunakan sabun anti-septik
- Selalu mengkonsumsi vitamin C
Pengobatan Penyakit Panu
- Bersihkan bagian tubuh yang terserang panu
- Oleskan dengan pembasmi jamur yang aman untuk manusia dan lakukan selama beberapa hari
- Beberapa orang mengobati panu dengan cara tradisional, yakni menggosokan lengkuas ke bagian tubuh yang terserang panu tersebut, 2 kali sehari selama satu minggu.
- Apabila panu sudah menyebar ke seluruh tubuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
Posted by Penyakit Panu
Jamur kulit hidup dari sel tanduk kulit. Jamur ini banyak macamnya. Jamur non-dermatofita adalah jamur penyebab penyakit panu. Panu menimbulkan bercak putih, kehitaman atau kemerahan dengan sisik halus di punggung, muka, lengan, paha dan bagian yang mengandung kelenjar minyak atau kelenjar keringat.
Pada dasarnya, panu paling sering menyerang lipatan-lipatan kulit yang lembab dan orang yang kurang memelihara kebersihan. Pemakaian obat-obatan, seperti antibiotik atau kortikosteroid (anti-radang) dalam jangka waktu lama, sangat rawan.
Penyakit panu harus diobati. Jika tidak, akan terjadi penularan ke bagian-bagian lain. Pengobatan harus dilakukan secara menyeluruh dan teratur. Menyeluruh maksudnya membasmi tuntas habis dan mencegah kembalinya gangguan penyakit panu. Teratur adalah harus dilakukan sesuai dengan aturan dan sampai penyakit terkikis habis. Lama pengobatan tergantung dari tempat serangan. Panu kerap menyerang anak remaja yang kulitnya berminyak. Dengan melihat patofisiologis dan gejalanya, pengobatan panu bisa dilakukan dengan cepat.
Pengobatan Panu
1. Cara Pertama
http://penyakitpanu.com/wp-content/uploads/2012/04/daun-jinten.jpgBahan-Bahan :
- 5 lembar daun jinten
- 3 butir bawang putih
- Minyak kelapa secukupnya

Cara Pemakaian :
- Daun jinten dan bawang putih ditumbuk halus
- Lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya
- Setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur rata
- Kemudian digosokkan pada kulit yang terkena panu.
- Lalukan secara teratur 2 kali sehari
2. Cara Kedua
http://penyakitpanu.com/wp-content/uploads/2012/04/ketimun.jpgBahan-Bahan :
- 1 buah ketimun
- Belerang secukupnya

Cara Pemakaian :
- Ketimun dicuci hingga bersih, kemudian diparut
- Lalu tambahkan sedikit belerang yang sudah dihaluskan
- Kemudian aduk sampai rata
- Oleskan campuran tersebut ke bagian tubuh yang terkena panu setiap menjelang tidur malam
- Bersihkan keesokan paginya
- Ulangi beberapa kali sampai panu menghilang
3. Cara Ketiga
http://penyakitpanu.com/wp-content/uploads/2012/04/pohon-pepaya.jpgBahan-Bahan :
- Getah pohon pepaya secukupnya
Cara Pemakaian :
- Pelepah dipotong untuk diambil getahnya
- Kulit yang terkena panu diolesi dengan geta pohon pepaya
- Lakukan berulang-ulang sampai sembuh
Posted by Penyakit Panu
Panu yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan Tinea Versicolor merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan bercak putih dan gatal jika terkena keringat. Penyakit ini mudah sekali menular, baik secara langsung melalui sentuhan kulit penderita yang terkena panu atau melalui barang-barang yang dipakai oleh penderita.
Panu atau tinea versicolor disebabkan oleh infeksi jamur Malazessia furfuryang berkembang biak secara aktif di permukaan kulit. Daerah yang sering diserang jamur ini, yaitu punggung, leher, tengkuk, dan dada. Penyakit ini terutama menyerang orang yang banyak mengeluarkan keringat dan kurang menjaga kebersihan kulit.
Pencegahan
1. Selalu menjaga kebersihan kulit
2. Mandi 2 kali sehari
3. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat
4. Jangan gunakan pakaian, handuk atau saputangan yang dipakai penderita
Untuk mengatasi penyakit panu, berikut ini adalah resep tradisional dari tanaman obat yang bisa dicoba :
I. Resep Pertama
Bahan-Bahan :
- 30 gram daun ketepeng china segar
- Kapur sirih secukupnya
Cara Pemakaian :
- Cuci bersih daun ketepeng china
- Lalu digiling sampai halus
- Selanjutnya tambahkan sedikit kapur sirih
- Gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu
II. Resep Kedua
Bahan-Bahan :
- Lengkuas segar secukupnya
- Bubuk belerang secukupnya
Cara Pemakaian :
- Lengkuas di cuci bersih
- Lalu dipotong dan memarkan salah satu ujungnya
- Celupkan bagian yang dimemarkan ke bubuk belerang
- Gosokan pada kulit yang berpanu
III. Resep Ketiga
Bahan-Bahan :
- Daun tembakau secukupnya
Cara Pemakaian :
- Daun tembakau ditumbuk halus
- Kemudian dioleskan pada kulit yang terkena kadas.
- Lakukan secara teratur 2 kali sehari.


NAMA : M.Dayu Alika
Absen    : 27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar