Selasa, 10 Desember 2013

Penyakit Yang Sering Di Derita Remaja

PENYAKIT ANEMIA


*      Pengertian
Anemia artinya kekurangan darah adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

*      Penyebab
Anemia terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah, kehilangan terlalu banyak sel darah merah atau mematikan sel darah merah lebih banyak daripada menggantinya. Kekurangan darah juga disebabkan oleh asupan gizi tidak seimbang, seperti jarang memakan makanan yang mengandung zat besi, sayur dan vitamin dari buah. Kalaupun harus mengkonsumsi buah, biasanya, mereka memilih yang instan, seperti sari buah dalam minuman kaleng atau kotak yang sudah tercampur dengan bahan-bahan kimia sebagai tambahan penyedap rasanya.
Anemia mengindikasikan jumlah sel darah merah yang berada di bawah ambang batas. Terkadang, protein pembawa oksigen atau hemoglobin pada penderita anemia juga berkurang. Tidak jarang, mereka yang anemia mengalami kunang-kunang dan sesak napas hingga pingsan akibat kurang tersedianya oksigen dalam darah.

*      Pencegahan
Banyak jenis anemia tidak dapat dicegah. Tapi anda dapat membantu menghindari iron deficiency anemia dan vitamin deficiency anemias dengan makanan sehat yang mengandung Zat besi, Folat, Vitamin B-12, dan Vitamin C. Biasakan makan-makanan yang banyak mengandung zat besi. Dianataranya zat besi banyak terdapat pada sayuran yang berwarna hijau atau daging dan hati ayam, daging bebek, ikan, kacang-kacangan, dan lain-lain. Banyak memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C karena vitamin C akan membantu penyerapan dari zat besi.

*      Pengobatan
Cara pengobatan pada penyakit anemia juga dapat dengan cara alami ,sebagai berikut :
1.      Mengkonsumsi sayuran berwarna hijau sangat baik untuk menambah zat besi dalam darah. Sayuran tersebut antara lain seledri, bayam, kangku, sayur ko dan lain sebagainya.
2.      Untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, usahakan makan kacang – kacangan seperti kacang almond.
3.      Mengkonsumsi daging terutama daging kambing dan sea food karena keduanya banyak mengandung vitamin B12, Zat Besi dan Folat untuk mmeningkatkan produksi sel darah merah.
4.      Selain dengan cara yang alami, juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat penambah darah seperti Sangobion, Suplemen B12, Suplemen Besi (Fe) dan Asam Folat.

RIO CANDRA 
XII TKJ I / 34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar